Senin, 29 Agustus 2016

PENGALAMAN MENGIKUTI TES PSIKOLOGI PT PLN BALI TINGKAT SMA SEDERAJAT 2016

TES PSIKOLOGI SELEKSI PEGAWAI PT.PLN BALI 
TINGKAT SMA SEDERAJAT 2016



Saya bersyukur dan tidak menyangka akan sampai dalam tes ini, setelah mengetahui fakta bahwa dalam tes akademis saya hanya menjawab 15 butir soal dari 50 soal dan ternyata lolos juga ke babak selanjutnya J
Tes diadakan pada 28 Mei 2016, bertempat di Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), tes dimulai pukul 09.00. Ada 5 tahapan tes , yaitu :
1.      Tes Intelegensi <--- silahkan diklik , soalnya kalau nulis di blog, banyak banget :D 
2.      Tes Kraepelin/Tes Koran <---- ini juga ya ^^
3.      Tes (Kepribadian)

Kalian disuruh memilih 1 jawaban diantara 2 pilihan ganda, yang mana merupakan kecenderungan diri kalian pribadi, jika diantara 2 pilihan tersebut tidak ada yang merupakan diri kalian, kalian bisa memilih sesuai hati nurani.
Tips : pastikan jawaban kalian tidak plin plan, karena ada pernyataan yang sama tapi nomor diacak, FYI saat tes saya mendapat 90 soal (seingat saya)

Contoh soal :
1.      A. Saya suka bekerja dengan kelompok         B. Saya suka menolong teman yang sedang kesusahan

Nah kalian mesti pilih sesuai kepribadian kalian, ga boleh plin plan apalagi boong ya.

4.      Tes (menggambar)
-Warteg tes
Kalian disuruh melanjutkan gambar tersebut, sebelum tes saya sempet menjelajah beberapa blog dan ada yang menyarankan kalau selain bentuk setengah lingkaran itu buat aja benda mati . 

Setelah menggambar, dikolom gambar disuruh mengisi nomor yang mana yang pertama kalian kerjakan(sebaiknya kerjakan acak), lalu disuruh mengisi keterangan tentang gambar apa yang telah kalian buat , dan gambar mana yang kalian sukai atau tidak sukai, gambar mana yang mudah digambar dan mana yang sulit.

So inilah yang saya gambar saat tes.

-Draw a man

Kalian diminta untuk menggambar orang, terserah mau itu cewek atau cowok , terus dibelakang gambar itu ditulis nama orang yang digambar, umur , pekerjaan , hubungan dengan kalian dan hal apa yang dilakukan.

Jadi inilah yang saya gambar

Ceritanya itu sekretaris yang sedang menerima tamu
Tips : usahakan buat sesuai gender kalian dan posisi yang kalian lamar nanti, lalu buatlah dalam posisi berdiri dan terlihat seluruh tubuh dan posisi kedua tangan dalam keadaan terbuka

-Draw a tree

Kalian diminta untuk menggambar pohon , sebelum tes akan diberi tau pohon apa yang pantang untuk digambar. Pastikan kalian membuat pohon yang batangnya besar, daun rimbun, dan ada buah.
Itu pohon mangga ceritanya :D 

Diatas setiap gambar pojok kanan kalian diminta untuk menulis pensil apa yang kalian gunakan, apakah itu HB atau 2B, sebenarnya yang disarankan adalah HB. Dan dalam tes menggambar tidak diperkenankan menggunakan penghapus, ketegasan garis juga mempengaruhi nilai.

Tunggu postingan selanjutnya ya ges :D 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar