Ini adalah soal-soal yang saya dapat selama dikelas II SMK,
jika ingin mencari sesuatu , dimohon kesabarannya dalam membaca artikel ini. Saya anjurkan untuk membuka
dan membaca blog ini melalui PC Anda.
Kumpulan Soal Latihan
Menangani Surat/Dokumen
1. Sebutkan
ciri-ciri surat penting yang diterima dikantor beserta penjelasannya.!
Ciri-ciri surat penting yang diterima dikantor , yaitu :
· Penutup surat
berisi kalimat harapan agar cepat mendapat balasan, misalnya : kami harap
Saudara cepat menanggapi surat permohonan kami
· Perlu ditindak
lanjuti , misalnya untuk menanggapi surat pengaduan
· Jika hilang perlu
dicari gantinya , misalnya hilangnya surat perjanjian
· Jika terlambat
diproses akan merugikan organisasi/perusahaan, misalnya tentang surat
permintaan kerjasama yang lama dikonfirmasi
· Informasi yang
dibutuhkan perusahaan/kantor ada didalam surat tersebut.
2. Sebutkan
yang perlu diteliti pada saat pembukaan surat.!
Yang perlu diteliti pada saat pembukaan surat , yaitu :
· Perlu mengetahui
seberapa penting surat yang diterima, apakah surat tersebut termasuk surat
biasa, penting, sangat penting(segera/rahasia)
· Perlu mengetahui
pengirim surat
3. Sebutkan
proses pendistribusian surat , jika pimpinan sedang melaksanakan tugas diluar
kantor.!
Proses pendistribusian surat , jika pimpinan sedang
melaksanakan tugas diluar kantor,yaitu :
· Persiapkan hal yang
berhubungan dengan surat , jika atasan sewaktu-waktu menelepon menanyakan
keadaan kantor , Anda dapat segera memberi tahu informasi itu.
· Bila atasan tidak
menelepon, maka kirimkan surat melalui jasa pengiriman surat
· Jika pimpinan
melaksanakan tugas diluar kantor, kirimkan salinan surat yang memerlukan
perhatian
· Jika pimpinan
sedang berlibur , simpan dan pisahkan antara surat laporan dan surat biasa.
4. Hal-hal yang perlu diperhatikan
staf administrasi kantor/sekretaris ketika membaca surat, yaitu :
· Ada/tidaknya
hubungan surat sekarang dengan surat sebelumnya yang tersimpan dalam arsip
·
Perlu tidaknya
penyampaian ke bagian lain
·
Ada/ tidaknya
lampiran pada surat yang dibaca
·
Ada/tidaknya
tulisan tentang barang yang dikirim pada isi surat
5. Hal
yang perlu dilakukan oleh administrasi kantor/sekretaris agar pimpinan lebih
mudah mengetahui surat penting/tidak, yaitu letakkan surat penting dibagian
paling atas dan begitu juga sebaliknya
6. Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam menggunakan jasa pengiriman surat, yaitu :
·
Jenis surat
·
Informasi yang
tercantum dalam surat
·
Tujuan/alamat surat
·
Jumlah/banyak surat
7. Hal-hal
yang harus dilakukan oleh staf administrasi kantor/sekretaris jika lampiran
surat hilang adalah masukkan surat tersebut ke dalam golongan surat-surat
yang memerlukan perhatian staf administrasi kantor/sekretaris.
8. Cara mengeluarkan surat dari dalam amplop agar tidak sobek adalah
ketuk-ketuk isi surat kearah bawah amplop, buka tutup amplop dengan alat
pembuka surat
9. Yang
dilakukan sekretaris sebelum menyerahkan surat kepada pimpinan jika surat ada
lampirannya yaitu menyatukan lampiran-lampiran dengan penjepit kertas
10. Force Mayoure adalah kesalahan yang tak terduga
dalam pengiriman barang
11. Tuliskan contoh pengisian kolom indeks pada lembar
disposisi
Perdagangan
Pesanan
12. Kolom unit pengolah dalam pengurusan surat dengan menggunakan kartu
kendali diisi oleh bagian/seksi/orang yang memproses atau menangani surat
13. Pada pengurusan surat keluar,
kartu kendali yang berwarna putih disimpan pada bagian pengarah surat
14. Kartu kendali warna merah
setelah surat masuk selesai diproses disimpan pada penata
arsip
15. Kartu kendali warna merah sebelum surat masuk
selesai diproses disimpan pada bagian tata usaha unit pengolah
16. Kartu kendali warna kuning setelah surat masuk
selesai diproses disimpan pada tata usaha unit pengolah
17. Kartu kendali kuning sebelum surat sebelum selesai di proses disimpan
di kotak kartu kendali
18. Lembar pengantar surat masuk rahasia 1 dan surat setelah surat
diproses disimpan di tata usaha unit pengolah
19. Lembar pengantar surat masuk
rahasia 2 setelah surat diproses disimpan di pengendali/penata
surat
20. Lembar pengantar surat
biasa 1 setelah surat di proses disimpan di pengarah surat
21. Lembar pengantar surat
2 dan surat setelah surat selesai diproses di simpan di penata
surat
22. Penanganan surat masuk
dan keluar biasa dan rahasia pada sistem pola baru menggnaukan lembar
pengantar surat
23. Buku yang digunakan
secara khusus untuk pencatatan surat keluar disebut buku verbal
24. Buku yang digunakan
untuk mencatat surat sebagai bukti pengiriman surat disebut buku ekspedisi
25. Apakah yang dimaksud
dengan kartu kendali.?
Kartu kendali adalah lembar
isian untuk pencatatan , penyimpanan dan penyampaian , sehingga bila
dipergunakan dapat ditemukan kembali
26. Apakah keuntungan
menggunakan kartu kendali?
Keuntungan menggunakan kartu kendali, yaitu :
·
Lebih efisien
· Dapat membedakan
sifat surat (biasa , penting , rahasia) karena lembarannya berbeda
·
Menghilangkan
pencatatan berulang
·
Mudah melacak
lokasi surat yang sedang diproses
·
Memudahkan
penyusunan arsip
·
Memudahkan
inventarisasi dan penilaian arsip
27. Apakah yang dimaksud
dengan buku ekspedisi intern?
Buku ekspedisi intern yaitu : buku catatan yang menunjukkan bukti
dalam penyampaian surat didalam organisasi kepada pejabat/bagian lain
28. Buku agenda yang digunakan untuk
mencatat surat masuk dan surat keluar dalam satu buku disebut buku agenda berpasangan
29. Buku agenda yang digunakan untuk
mencatat surat masuk dan surat keluar dalam satu kolom disebut buku agenda tunggal
30. Menyertakan buku
ekspedisi intern yang diparaf oleh sekretaris penerima surat merupakan
tugas penerima surat
31. Lembar yang disediakan
oleh agendaris untuk membubuhkan instruksi / informasi dari pimpinan kepada
pengolah disebut lembar
disposisi
32. Pada pengisian lembar
ekspedisi, tanda terima diisi oleh pimpinan atau sekretaris atau orang yang ditunjuk pimpinan
33. Tugas dari pencatat surat dalam pengelolaan surat penting masuk , yaitu :
·
Membaca surat
·
Memeriksa
lampiran-lampiran
·
Membubuhkan stempel
agenda
·
Mencatat surat ke
dalam buku agenda surat masuk
34. Yang dimaksud dengan :
a.
Express Mail Next Day Service adalah …
pengiriman surat antar airport luar negeri atau dalam
negeri yang akan tiba pada hari yang berikutnya saat surat dikirim di airport
b. Express Mail Same Day Service
adalah …
pengiriman surat antar airport dalam negeri yang akan tiba
pada hari yang sama saat surat dikirim di airport tujuan
35. Tata aliran surat penting keluar adalah
·
Memeriksa
kelengkapan surat
·
Memeriksa
keurgensian surat
·
Memilih cara
pengiriman
36. 6 Langkah pengurusan surat masuk system buku agenda, yaitu :
·
Penerimaan surat
·
Penyortiran
·
Pencatatan surat
·
Pengarahan surat
·
Penyampaian surat
·
Penyimpanan surat
37. 12 Langkah pengurusan surat keluar buku agenda, yaitu :
·
Persiapan
·
Pembuatan konsep
surat
·
Persetujuan konsep
surat
·
Mengagendakan surat
·
Pengetikan konsep
·
Pemeriksaan konsep
·
Penandatanganan
konsep
·
Pemberian cap dinas
·
Melipat surat
·
Penyimpulan surat
·
Pengiriman surat
·
Penyimpanan surat
38. 2 Fungsi lembar disposisi yaitu :
· Untuk mengatur
proses pengolahan surat yang selanjutnya menjadi alat pengendali lalu lintas
persuratan
· Sebagai sarana
monitor dalam mekanisme persuratan
39. Macam-macam jenis tanda pelepas , yaitu :
·
Deponeren
·
ACC
·
File
40. Arti transaksi adalah kesepakatan saat proses jual beli
Tidak ada komentar :
Posting Komentar