Minggu, 12 Juni 2016

Pengalaman mengikuti rekrutmen PT PLN Posisi Non Teknik (Administrasi)

PENGALAMAN REKRUTMEN PT PLN (PERSERO)
TINGKAT PENDIDIKAN SMA/SMK/MA TAHUN 2016


Saya hanya ingin membagikan pengalaman baik proses dan tips/cara saat mengikuti rekrutmen PT PLN bulan Mei 2016. Saya memilih untuk melamar posisi Non Teknik (Administrasi) , karena saya tamatan SMK Administrasi Perkantoran. Berikut ini adalah tahapan seleksi yang saya lalui, yaitu :

A.    PENGUMUMAN REKRUTMEN


Perhatikan dengan teliti semua syarat yang telah ditentukan, jika ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi , sangat memungkinkan jika lamaran Anda akan ditolak oleh kantor yang dituju,
Jika telah memenuhi syarat seperti yang sudah disebutkan, segera siapkan segala dokumen yang diperlukan dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Persiapan dokumen untuk lamaran
1.      Siapkan fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku
2.      Fotokopi ijazah yang dilegalisir
Ini adalah perbedaan antara fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir dan yang belum dilegalisir
Nah hal tersebut harus kita teliti lagi, jika yang diminta hanyalah fotokopi ijasah, ya kita berikan tanpa cap biru, sedangkan jika yang diminta adalah yang dilegalisir, berikan yang ada cap biru.


Jika Anda tidak memiliki yang dilegalisir, Anda dapat meminta pelegalisiran di sekolah asal Anda, tentunya dengan membawa ijazah asli Anda ke sekolah asal Anda.

3.      Surat lamaran dan daftar riwayat hidup
·         Contoh surat lamaran yang dapat dibuat :

·         Contoh daftar riwayat hidup : 


4.      Pas foto ukuran 3X4 
Pastikan untuk memberi foto terbaru Anda, dengan jumlah foto yang diminta perusahaan

5.  Surat pernyataan tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya dan tidak terlibat tindakan kriminal yang ditulis dalam surat pernyataan diatas materai Rp. 6.000,-

Contoh surat pernyataan yang saya buat : 



Catatan :
Sebaiknya dalam pernyataan sebutkanlah pernyataan selain tidak menyalahgunakan narkoba dan tindakan criminal, misalnya dengan menyebutkan bahwa Anda tidak terikat oleh institusi manapun, Alasannya agar jika Anda lolos ke tahap berikutnya Anda tidak akan diminta lagi untuk membuat surat pernyataan lain.
Sebelum membuat surat pernyataan sebaiknya buatlah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan surat sehat keterangan dari dokter.

Surat-surat tersebut hanya untuk melengkapi surat pernyataan ini sebagai bukti bahwa surat pernyataan itu benar adanya.

a.Silahkan diklik รจProses pembuatan SKCK
b. Proses pembuatan Surat sehat keterangan dari dokter
Surat sehat keterangan dari dokter saya peroleh dari dokter yang membuka usaha praktek dirumahnya dengan biaya Rp.30.000,-


1.      Fotokopi kartu keluarga, akta kelahiran dan dokumen/sertifikat yang terkait posisi yang diinginkan.
Pastikan memberikan fotokopi akta kelahiran/kartu keluarga yang sudah tidak ada kesalahan penulisan nama/kesalahan lainnya.

Untuk dokumen/sertifikat yang terkait posisi yang diinginkan, ini hanyalah dokumen tambahan, jika Anda memiliki sertifikat magang, atau sertifikat lainnya, yang telah Anda sebutkan dalam surat lamaran. 

A.2 Penyusunan dokumen dalam amplop
       Penyusunan dokumen saya lakukan dari yang paling bawah adalah dokumen-dokumen pendukung seperti : fotokopi sertifikat kompetensi,fotokopi sertifikat hasil ujian nasional,fotokopi sertifikat magang,fotokopi kartu keluarga, fotokopi akta kelahiran, fotokopi SKCK.
       Lalu ke dokumen-dokumen utama yang diminta sebagai persyaratan lamaran, yaitu :
surat keterangan sehat dari dokter,surat pernyataan,fotokopi ijazah,daftar riwayat hidup , fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku,dan susunan yang paling atas adalah pas foto yang berwarna.

A.3 Penulisan nama pengirim, alamat tujuan , dan kode posisi

Perhatikan persyaratan saat pengumuman info lowongan kerja, apa yang tertulis disana harus benar-benar diperhatikan. Nah sesuai dengan info pengumuman yang saya temukan di internet, diperintahkan untuk seluruh berkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop cokelat ukuran folio dan pada bagian kiri atas ditulis : PT PLN DISBALI-(KODE POSISI)
Dan alamat tujuan diminta untuk ditulis ditujukan kepada : PO BOX NO: 3203 Kantor Pos Denpasar Kode Pos 80000
Perhatikan batas waktu pendaftaran disini adalah 11-30 April 2016, sebaiknya kirim lamaran paling lambat seminggu sebelum tanggal 30 April 2016.


Untuk alamat pengirim/alamat pelamar , saya buat di bagian depan amplop, tujuannya agar terlihat rapi dan tidak terlihat penuh di bagian belakang amplop. Buatlah alamat yang lengkap (Alamat rumah, kecamatan, kabupaten/kota , kode pos)

Sekian pengalaman saya dari persiapan dan pengiriman dokumen ke kantor yang dituju, terima kasih sudah berkunjung ^_^

*Note:
Tujuan diblurnya/dieditnya dokumen-dokumen terkait , seperti diblurnya atau dihilangkannya nama dan data2 saya serta foto saya agar data-data saya tidak disalahgunakan oleh orang yang iseng. Mohon maklum.

Untuk artikel pengalaman selanjutnya, dapat diklik disini. Terima kasih.

C.    TES AKADEMIS
E.     TES LABORATORIUM
F.     WAWANCARA 

1 komentar :