Sabtu, 27 Agustus 2016

PENGALAMAN MENGIKUTI TES KESEHATAN FISIK DAN ENDURANCE PT PLN

TES KESEHATAN FISIK DAN ENDURANCE
PT PLN TINGKAT SMA SEDERAJAT 2016 


Pendaftaran dari 11-30 April 2016 dan saya menerima sms pemberitahuannya tanggal 06 Mei 2016, jadi sekitar seminggulah ya kita mesti sabar nunggu pengumumannya.
Bagi yang lulus seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan. Puji syukur saya lolos ke tahap selanjutnya, nah berdasarkan informasi dari link pengumuman hasil seleksi administrasi informasi tes selanjutnya yaitu :

hari , tanggal        : KAMIS, 12 MEI 2016
waktu                  : 13.00 WITA-SELESAI
                               (usahakan untuk datang setengah jam lebih awal)
tempat                 : RUMKIT TK II UDAYANA (RSAD UDAYANA DENPASAR)
                               JL. PB. SUDIRMAN NO.1 DENPASAR

Persyaratan yang harus dibawa pada saat tes :
1.      Membawa lembar ijazah asli
2.      Akte Kelahiran
3.      KTP
4.      KK (bila perlu untuk melengkapi)
5.      Alat tulis (pulpen)
Digunakan untuk mengisi data diri dari form yang disediakan disana pada saat mengikuti tes

Pada saat datang keruang registrasi, kita diminta untuk menunjukkan persyaratan yang harus dibawaL lalu petugas akan memberikan sebuah kartu tes yang harus selalu dibawa untuk mengikuti tes-tes selanjutnya (jika lolos). Berikut adalah penampakan kartu tes yang saya dapatkan

Ya semua kolom sudah ditandatangani oleh petugas itu artinya saya sudah diterima oleh perusahaan (∩_∩)   \(≧∇≦)/   (^▽^)

Sebelum tes kita akan diminta mengisi data diri sebuah form penilaian untuk hasil tes kesehatan kita, lalu form tersebut dikumpulkan untuk diisi oleh petugas yang melakukan pemeriksaan kepada kita.

Karena banyaknya peserta tes, kita harus bersabar menunggu giliran kita, FYI kita bakalan dikasih konsumsi berupa snack kok J jadi setelah tes kalian bisa melahap langsung :D

Kenapa kok gak sebelum tes aja sih, sambil nunggu giliran kan bisa?”
“nanti kita bakalan diperiksa mulut sama giginya ,ya jadinya lebih baik minum air putih aja deh cukup”

Berikut ini adalah urutan tes yang saya lakukan hari itu ;

1.      Pemeriksaan awal
Telinga , hidung dan tenggorokan kalian akan diperiksa, pastikan membersihkan telinga dan hidung , serta jaga kebersihan mulut, perbanyaklah minum air putih sebelum tes, jangan minum air berasa.
Mata kita juga ikut disenter-senter gitu.
Tensi juga diperiksa loh

2.      Pemeriksaan fisik
Yang diperiksa dari pemeriksaan fisik yaitu :

a.      Tinggi dan berat badan
Tidak perlu tubuh ideal untuk tes ini, karena tinggi saya 158 cm dan berat saya saat itu 44kg yang tergolong sangat kurus .

b.      Pemeriksaan Mata
Yang mempunyai rabun seperti saya, tenang aja, bawa kacamata kalian dan PD aja pakai kacamata kalian.
Kalian akan diperiksa kalian buta warna atau tidak, dengan menggunakan buku kecil isinya gambar seperti ini, yang nanti akan dibuka bolak balik acak saat tes

Kalian juga akan diperiksa rabun atau tidak dengan menggunakan optotype snellen (huruf-huruf) jika memiliki rabun, akan diperiksa lagi berapa rabun yang kalian miliki.


Mata kalian akan ditutup dengan topeng mata dari kardus
lalu dari jarak jauh kalian harus sebutkan apa yang ditunjuk oleh petugas, kalau ga keliatan ya bilang ga keliatan. FYI, Kalau yang pake kacamata, tesnya jadi double, yang pertama ga pake kacamata dulu, nah yang kedua baru deh dipake kacamatanya setelah itu sebutin lagi apa yang ditunjuk petugas.

*Tips aman buat yang pake kacamata terutama yang rabunnya diatas 6 seperti saya ,
{FYI tapi kacamata yang saya pakai ini resep lama sudah tidak pernah periksa-periksa lagi (́_̀) }
Kalian hafalin semua huruf-huruf yang ada disana, letaknya dimana hafalin ya, ini manjur banget. Karena saya SUNGGUH TIDAK DAPAT MELIHAT APAPUN pada saat tes ini, semuanya buram, petugas nunjuk apa juga saya gatau :D

c.       Pemeriksaan gigi
Untuk pemeriksaan gigi, diharapkan Anda membersihkan gigi Anda sebelum tes. Sebaiknya ke dokter untuk membuka karang gigi Anda dan juga menambal gigi yang berlubang. Hal tersebut menjadi penilaian untuk pemeriksaan gigi. Kalau saya walaupun sering sakit gigi, tidak ada gigi yang bermasalah kawan J

d.      Pemeriksaan lainnya
Yang akan diperiksa yaitu detak jantung dan ada atau tidaknya varises & ambeien. Yang memeriksa dokter pria sudah tua , ditemenin sama suster,
Kita diminta memasuki suatu ruangan yang dikunci dari dalam, lalu berbaris membentuk lingkaran

lalu diminta untuk buka baju tinggal menyisakan pakaian dalam, bagi yang mengenakan kaos dalam dan celana pendek diperbolehkan saja, tapi saat disuruh lepas celana dan nungging lalu membuka dubur tetap harus dilakukan, walaupun kita sedang dalam masa menstruasi J ini dilakukan hanya sebentar saja kok, cuman disenter dari luar aja, diliat ada ambeien atau tidak, ga dipegang-pegang juga. Setelah nungging kita kembali ke posisi bersiap kaki rapat, untuk diperiksa ada varises atau tidak.

“Ih ..  diliatin banyak orang sama dokternya keenakan dong?”
“Sebelum tes dilakukan, dokter dan petugas sudah menyarankan, jika ada yang tidak setuju dilakukannya tes tersebut bisa meminta dokter lain untuk melakukannya”


Setelah selesai tes tersebut kami dipersilahkan pulang, akhirnya selesai sudah hari melelahkan ini FYI, sewaktu saya pulang , masih banyak sekali peserta pria yang menunggu giliran , saya bersyukur bisa cepat sampai rumah dan lega sekali rasanya setelah mengikuti tesJ dan kami tinggal bersabar menunggu hasil tes kami . Jangan lupa berdoa ges.

4 komentar :

  1. Halo kak pinky, kakak lolos semua tahap kah? Sama ni minus sy juga tinggi, mau daftar takut, itu di apalin semua berhasil dan ga ketauan? Hehe

    BalasHapus
  2. Kalau gigi sudah ilang 1 gimana kak ??

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya sangat membantu kak

    BalasHapus
  4. artikel yang menarik terimakasih. untuk lebih menjaga - jaga sebaiknya lakukan medical check up mandiri. banyak ko paket medical check up murah yang bisa kalian dapatkan.

    BalasHapus